Selasa, 16 Juli 2019

DGP ; PERBEDAAN DDG DAN DGP

DASAR DESAIN GRAFIS

PENGERTIAN DASAR DESAIN GRAFIS

Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Secara singkat, design grafis diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desai Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Adapun tujuan desain grafis adalah sebagai sarana visual yang digunakan untuk memberikan maksud dari pembuat kepada pembaca atau audiens.

PRINSIP DAN UNSUR DESAIN

Ketika membahas unsur dalam desain grafis maka tidaklah berbeda dengan dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip dan Unsur dalam design grafis hampir sama dengan design lainnya :
  • Keseimbangan (balance)
  • Ritme (rhythm)
  • Tekanan (emphasis)
  • Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)

DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

Tujuan dan manfaat desain grafis dalam dunia percetakan adalah sebagai penyampaian. Maksud dari fungsi penyimpanan itu sendiri adalah desain grafis dibuat untuk menyampaikan pesan pada audiance atau masyarakat luar tentang maksud atau tujuan yang dibuat oleh si pembuat desain grafis entah itu dengan bentuk gambar atau tulisan. Desain grafis memiliki sifat yang memaksa atau si pembuat desain memiliki sifat mengirimkan yang digunakan untuk menyempurnakan berita yang ingin disampaikan.
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTION SCRIPT

  Halo teman-teman! kali ini aku mau bahas tentang Action Script , Sebelumnya bagi yang belum tau Action Script itu apa, aku bakal jelasin ...