Kamis, 17 Januari 2019

SISTEM KOMPUTER

Apakah itu mikrokontroler?

Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umumnya dapat menyimpan program didalamnya. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umumnya dapat menyimpan program did umumnya terdiri dari CPU,memori,I/O, tertentu dan unit pendukung seperti analog-to-digital converter yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Hasil gambar untuk mikrokontroler?

Apa itu arsitektur dan organisasi komputer?

  • Arsitektur Komputer 
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von neumann ,CISC,RISC,blue gene,dll.

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.



  • Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware ,perangkat antarmuka,teknologi memori,dan sinyal -sinyal kontrol.

Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. 


Hasil gambar untuk arsitektur dan organisasi komputer!

Macam-macam struktur dan fungsi komputer 

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara cara dari setiap komponen yang saling terkait. struktur sebuah komputer secara sederhana ,dapat digambarkan dalam diagram blok.
Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut.

  • Input Device (Alat masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer.


  • Output Device ( Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. keluarannya dapat berupa hard copy(kekertas) ,soft copy(ke monitor),ataupun berupa suara.

Hasil gambar untuk Sebutkan struktur dan fungsi komputer ?!


Pengertian SRAM , EEPROM dan SREG pada mikrokontroler 


  • SRAM (Statik RAM) 
adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory.)
Adalah tipe khusus dari PROM yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris. seperti juga ipe prom lainnya, EEPROM dapat menyimpan isi datanya, bahkan saat listrik sudah dimatikan.
  • SREG (Status Register)
Status register (SREG) adalah register berisi status yang dihasilkan pada setiap operasi yang dilakukan ketika suatu instruksi dieksekusi. SREG merupakan bagian dari inti CPU mikrokontroler. SREG merupakan bagian dari inti CPU mikrokontroler . 


 skema rangkaian elektronika

Hasil gambar untuk skema rangkaian elektronika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTION SCRIPT

  Halo teman-teman! kali ini aku mau bahas tentang Action Script , Sebelumnya bagi yang belum tau Action Script itu apa, aku bakal jelasin ...