Jumat, 11 Januari 2019

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Jaringan


  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Jaringan?
  2. Apakah perbedaan jaringan dengan internet?
  3. Apakah yang harus ada dalam membangun sebuah jaringan?
  4. Jelaskan keuntungan dan kerugian dari jaringan?
  5. Apakah yang dimaksud dengan operator?
1. Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuannya adalah membawa informasi secara tepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim menuju kesisi penerima melalui media komunikasi.
Image result for jaringan komputer
2. Perbedaan dari Jaringan dan Internet adalah 
  • Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai,proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai netwok hubs.  sedangkan internet adalah susunan umum pc yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi internet melalui protokol TCP / IP dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia.
  • internet membantu pengguna dalam mengakses world wide web (www) ,sedangkan koneksi jaringan membantu pemgguna dalam mengakses perangkat komputer tertentu.
  • jaringan memungkinkan orang yang menggunakan komputer untuk terhubung ke web dan sekali terhubung ke internet ,orang bisa belajar banyak hal dan mendapatkan pengetahuan. sedangkan pada jaringan komputer ,orang hanya terbatas untuk mengakses informasi yang dibagikan di dalam sebuah jaringan.
Image result for jaringan dan internet adalah
3. Hal yang harus ada dalam membangun sebuah jaringan
  • Fault Tolerance
Fault tolerance adalah sebuah pemahaman dimana di dalam membangun sebuah jaringan kita harus meminimalisir terjadinya sebuah gangguan dan memastikan seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan dengan baik dan sempurna.
  • Scalability 
Scalability adalah bagaimana menjaga perfoma dari jaringan komputer agar tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan (penambahan user dan network)

  • Quality of service 
adalah bagaimana cara kita bisa membagi-bagi jatah resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi ,misalnya pada sebuah organisasi berdasarkan posisi atau departemen.

  • Security
Keamanan dari jaringan yang akan kita buat harus selalu menjadi perhatian yang dibilang cukup penting. kita harus bisa memperhatikan bagaimana kerahasiaan dari informasi dan komunikasi bisa terjaga dan hanya user asli yang dapat mengaksesnya.

4. Keuntungan dan kerugian dari jaringan 

Keuntungan : 
  1. Dapat berbagi sumber daya 
  2. Ketahanan data tinggi 
  3. Menghemat Biaya
  4. Berbagi Hardware
  5. Memberikan keamanan dan keteraturan data 
  6. Manajemen sumber daya lebih efisien.
  7. mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to date
  8. membantu mempercepat proses berbagi data
  9. memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien 
  10. membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
Kerugian : 
  1. Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem
  2. sharing file yang tidak diinginkan
  3. aplikasi virus dan metode hacking
  4. pengaksesan file yang tidak terbatas
  5. virus
  6. biaya

5. Operator adalah orang yang bertugas menjaga,melayani,dan menjalankan suatu peralatan,mesin , telepon,radio dan sebagainya. seorang operator komputer bertanggung jawab untuk menjaga sistem komputer dan memastikan bahwa semua peralatan beroperasi dengan baik dan lancar. berbagai tugas yang terkait dengan bidang ini tergantung pada jenis sistem komputer yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi.

Related image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTION SCRIPT

  Halo teman-teman! kali ini aku mau bahas tentang Action Script , Sebelumnya bagi yang belum tau Action Script itu apa, aku bakal jelasin ...