Selasa, 06 November 2018

SENI BUDAYA

Seni Musik


Gambar terkait

     Seni Musik adalah sebuah cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi pembuatnya. Sedangkan Musik merupakan seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu ,irama dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat alat yang dapat menghasilkan irama. 

Terdapat juga unsur-unsur seni musik :

1. Melodi
    Melodi adalah rangkaian sejumlah bunyi atau nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi terdiri dari durasi,pitch,dan tone. Durasi adalah rangkaian not-not menjadi melodi dalam serangkaian waktu tertentu. Not dapat dihasilkan dari berbagai alat musik dengan warna suara yang berbeda  atau disebut dengan istilah Tone. Pitch adalah suatu hal yang mengatur serangkaian not dengan lambang alfabet A-G. pitch sering disebut warna suara atau timbre.

2. Irama 
    Irama atau ritme adalah pergantian panjang-pendek ,tinggi-rendah,dan nyaring-lembutnya suatu nada atau bunyi dalam rangkaian seni musik yang dihasilkan akibat pengulangan bunyi. 

3. Birama
    Birama merupakan unsur seni musik berupa ayunan atau ketukan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. terdapat 2 jenis birama utama, yaitu birama perduaan dan birama pertigaan yang dapat diperinci menjadi :
   1. Birama pertigaan bersahaja : Birama 3/4 dan 3/8
   2. Birama pertigaan bertingkat : Birama 6/4,6/8,9/4 dan 9/8
   3. Birama perpaduan bershaja : Birama 2/4,2/8
   4. Birama perduaan bertingkat : Birama 4/4,8/4, 4/8dan 8/8


4. Harmoni
  Harmoni adalah cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan membicarakan perihal keindahan komposisi musik (Banoe, 2003:180). Harmoni merupakan bagian yang melibatkan nada atau kunci (kord) yang berlangsung terus-menerus. Dalam musik harmoni akan tampak ketika terdapat keseimbangan antara momen penekanan dan pelepasan. Harmoni tersusun dari interval, kunci dan skala. Interval yaitu jarak yang terdapat antara dua buah nada. Kunci merupakan serangkaian not yang mengatur keharmonisan suatu melodi dalam interval tertentu. Dan skala adalah sekumpulan not berperan sebagai kerangka dari suatu musik. Skala juga berfungsi sebagai acuan untuk menentukan not yang akan dimainkan pada musik.

5. Tangga Nada
   Tangga Nada merupakan deret atau urutan nada yang disusun secara berjenjang. Antara nada satu dengan yang lain terdapat jarak tertentu. Ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak ini yang menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada. Contohnya, kalau kita suarakan do, re, mi, fa, sol, la, si, do, berarti kita menyuarakan urutan nada dari nada rendah ke nada yang semakin tinggi. Urutan itu diawali dari salah satu nada dan diakhiri oleh nada yang sama tetapi lebih tinggi 1 oktaf.

Terdapat 3 macam tangga nada, yaitu:
  1. Tangga Nada Kromatis.
  2. Tangga Nada Pentatonis
  3. Tangga Nada Diatonis

6. Tempo
   Tempo merupakan cepat atau lambatnya sebuah lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan maka nilai tempo dari sebuah lagu akan semakin besar. Ukuran untuk menentukan tempo ialah beat, yaitu ketukan dasar yang digunakan untuk menghitung banyaknya ketukan dalam satu menit. Satuan dari beat ialah MM atau Metronome Malzel, yaitu alat pengukur tempo yang dibagi menjadi tiga kriteria tempo lambat, sedang, dan cepat.

Tempo dibedakan menjadi 8, diantaranya: Largo (lambat sekali), Lento (lebih lambat), Andagio (lambat), Andante (sedang), Moderato (sedang agak cepat),  Allergo (cepat), Vivace (lebih cepat) dan Presto (cepat sekali).

7. Dinamik
  Dinamik adalah tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik, keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengan monoton atau datar. Keadaan keras dan lembut tersebut memiliki istilah sendiri di dalam permainan musik, berikut adalah pembagian tanda dinamika:
  1. Tanda dinamik lembut, yaitu:
    • Piano (p) = lembut
    • Pianissimo (pp) =sangat lembut.
  2. Tanda dinamik sedang, yaitu:
    • Mezzo Piano (mp) = setengah lembut
    • Mezzo Forte (mf) = agak keras
  3. Tanda dinamik keras, yaitu:
    • Forte (f) = keras
    • Fortissimo (ff) = sangat keras

Selain itu masih ada tanda dinamik lainnya yang digunakan yaitu crescendo dan decrescendo. Crescendo menandakan agar musik dimainkan dengan keras. Sebaliknya, decrescendo menandakan agar dimainkan dengan lembut.

8. Ekspresi
   Ekspresi adalah ungkapan perasaan hati yang dituangkan melalui mimik wajah, baik itu rasa sedih, kecewa, gembira, cinta, dan lainnya. Agar penikmat hanyut dalam musik yang dibawakan, penyanyi harus mampu beekspresi sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan melalui lagunya.
9. Timbre
   Timbre adalah kualitas atau warna bunyi dalam seni musik. Keberhasilan memunculkan unsur ini sangat bergantung pada sumber suara dan cara bergetarnya suatu instrumen. Misalnya saja, timbre yang dihasilkan alat musik petik tentu akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan alat musik tiup meskipun dimainkan dalam satu waktu dengan nada yang sama.


Adalah membuat ,merancang ,memahami , merubah ,mengaransemen lagu dengan menggunakan alat musik

Menurut saya Seni musik adalah gabungan antara instrument dengan lagu.


contoh lagu :
ONE DIRECTION - IF I COULD FLY
If I could fly, I'd be coming right back home to you
I think I might give up everything, just ask me to
Pay attention, I hope that you listen 'cause I let my guard down
Right now I'm completely defenseless
For your eyes only, I'll show you my heart
For when you're lonely and forget who you are
I'm missing half of me when we're apart
Now you know me, for your eyes only
For your eyes only
I've got scars even though they can't always be seen
And pain gets hard, but now you're here and I don't feel a thing
Pay attention, I hope that you listen 'cause I let my guard down
Right now I'm completely defenseless
For your eyes only, I'll show you my heart
For when you're lonely and forget who you are
I'm missing half of me when we're apart
Now you know me, for your eyes only
For your eyes only
I can feel your heart inside of mine, I feel it, I feel it
I've been going out of my mind, I feel it, I feel it
Know that I'm just wasting time
And I hope that you don't run from me
For your eyes only, I'll show you my heart
For when you're lonely and forget who you are
I'm missing half for me when we're apart
Now you know me, for your eyes only
For your eyes only, I'll show you my heart
For when you're lonely and forget who you are
I'm missing half for me when we're apart
Now you know me, for your eyes only
For your eyes only
For your eyes only

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTION SCRIPT

  Halo teman-teman! kali ini aku mau bahas tentang Action Script , Sebelumnya bagi yang belum tau Action Script itu apa, aku bakal jelasin ...