Kamis, 14 Februari 2019

SISTEM KOMPUTER ; SKEMA MIKROPROSESOR

Skema Mikroprosesor pada sistem Komputer

  • MPU (Microprocessor Unit)


MPU tersusun dari tiga bagain pokok,yaitu :
  1. Control Unit (CU)
  2. Arithmetic Logic Unit (ALU)
  3. Register Unit (RU)
Sebagai CPU ,MPU bekerja dan melakukan fungsi dasar yaitu fungi Logika dan aritmetika. MPU juga melakukan fungsi pengalihan data dengan menggunakan perintah MOV, atau LOAD, EXCHANGE, PUSH, dan POP. Penyimpanan program dan data memerlukan memori terutama memori program dalam ROM. 

  • Sistem Bus 
Mikroprosesor berkomunikasi dengan unit memori, unit I/O menggunakan saluran yang disebut dengan BUS. Setiap Mikroprosesor dilengkapi dengan tiga bus sebagai berikut : 

   - Bus data
Data bus terdiri dari 8,16,32,64 atau lebih saluran paralel.


CPU membaca/menulis data => Lokasi memori,Port. (Melalui saluran data).
Setiap piranti yang terhubung ke data bus harus menggunakan tri state buffer sehingga dapat bekeadaan floating/berimpedansi tinggi jika tidak sedang digunakan. Mikrorosesor standar memiliki saluran bus data 8 saluran paralel dari MPU ke unit lain diluar MPU atau dari unit di luar ke MPU.

  • Adress Bus 
Untuk menetapkan kemana data itu dikirim atau dari mana data itu diambil digunakan bus alamat. Bus alamat bertugas menetapkan dan memilih salah satu lokasi memori atau satu lokasi I/O yang hendak di akses. Bus alamat terdiri dari 16,20,24 atau lebih saluran sinyal paralel. 

Hasil gambar untuk Address Bus

  • Control Bus 
CPU mengirim keluar atau menerima sinyal kendali melalui saluran bus kendali. Bentuk-bentuk bus kendali adalah : Pembacaan memori, Penulisan ke memori, Pembacaan Port I/O ,penulisan Port I /O ,Reset,Interrupt ,Memori Request , I/O Request ,dan sebagainya tergantung jenis CPUnya.

Bus Kendali adalah seperangkat bit pengendali yang berfungsi mengatur :
  1. Penyerempakan memori
  2. Penyerempakan I/O
  3. Penjadwalan MPU ,Interupsi, DMA
  4. Pembentuk clock, dan reset
  • Memori
Bagian memori merupakan gabungan dari memori elektronik RWM dan ROM. Disamping juga magnetik floopy disk, magnetik hard disk, atau laser optical disk/CD/DVD/BlueRay ,dll.
- Pemakaian memori memiliki dua tujuan :
  1. Menyimpan kode biner untuk urutan instruksi yang disebut dengan program
  2. Menyimpan kode biner data selama komputer bekerja 
  • Input/Output
Merupakan bagian yang memungkinkan komputer untuk mengambil data dari luar atau mengirim data ke luar. Pheripheral semacam keyboard ,terminal : Video/Monitor,printer dan modem dihubungkan ke bagian I/O. Piranti yang digunakan untuk interface bus komputer ke peralatan luar disebut port.

  • Control Processing Unit (CPU)
Hasil gambar untuk cpu

CPU bekerja mengendalikan operasi komputer. CPU mengambil kode biner instruksi dari memori, kemudian mendekode instruksi tersebut dalam urutan aksi yang sangat sederhana. Sebuah CPU terdiri dari Arithmetic Logic Unit (ALU) yang dapat membangun fungsi penjumlahan (Add) ,Pengurangan (subtract), Logika OR,AND, invert ,atau OXR.



sumber : http://ahmadfikrikamali.blogspot.com/2013/07/blo0k-diagram-sistem-mikroprosesor.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTION SCRIPT

  Halo teman-teman! kali ini aku mau bahas tentang Action Script , Sebelumnya bagi yang belum tau Action Script itu apa, aku bakal jelasin ...