Kamis, 13 Desember 2018

Prinsip Dan Cara Kerja Sistem Komputer


   Gambar terkait
   
     Komputer adalah sebuah perangkat keras yang dapat menjalankan sebuah aplikasi baik untuk mengolah data/kata dan menghitung juga dapat menerima data, olah data , dan mengeluarkan sebuah informasi. User dapat memerintahkan suatu sistem pengoperasian komputer sehingga komputer dapat melakukan suatu proses. 

     Adapun tahapan cara kerja sistem komputer, yaitu ;
  1. User atau pengguna dapat memasukan data ke dalam CPU melalui alat input. 
  2. Di dalam CPU akan terjadi proses data yang tersampaikan ke program aplikasi dan segera di teruskan ke program sistem operasi.
  3. Data data tadi akan disampaikan oleh sistem operasi kepada software aplikasi dan akan di tampilkan di layar monitor (output)
  4. User atau pengguna juga bisa memberi sistem instruksi kepada komputer untuk menyimpan hasil kerjanya dalam bentuk digital/dalam bentuk cetak. misalnya seperti Video, Gambar, dan semacamnya.
   Menurut arsitektur Von Neuman menjelaskan bahwa komputer memiliki 3 bagian utama, yaitu :

* Input
* Processor, yang terbagi menjadi ;
  • Aritmethic logic unit
  • Control unit
  • Memory unit
* Output

Prinsip-prinsip kerja sistem komputer meliputi beberapa hal;

=> Input device
     Input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer. Contoh perangkatnya adalah :
  • Mouse
Hasil gambar untuk mouse
  • Keyboard
Gambar terkait
  • Microphone
Hasil gambar untuk microphone
=> Processor 
     Processor atau yang sering disebut sebagai otak komputer adalah alat utama yang berfungsi memproses atau mengolah data dari input yang mana nanti akan dihasilkan keluaran ke sistem output.

     3 bagian utama Processor adalah ;
  • Aritmethic Logic Unit (ALU)
    Salah satu bagian processor yang berfungsi untuk pengolah data aritmetika dan logika. misalnya, menghitung sebuah penjumlahan, pengurangan, atau perbandingan.

  • Control Unit (CU)
     Berfungsi untuk mengontrol semua perangkat yang di sematkan pada perangkat komputer.

  • Memory Unit 
     Memory berbeda dengan storage. Memory adalah ingatan yang bersifat sementara, sedangkan storage adalah penyimpanan untuk selamanya.

Memori terdapat 2 bagian, yaitu RAM (menyimpan data sementara dan akan terhapus bila tidak ada daya). dan ROM (Memori yang hanya dapat dibaca dan tidak akan terhapus meski catu daya terputus).

  • Output Device 
     Media komputer yang berfungsi untuk menampilkan data dari proses.  dapat berupa layar monitor,suara,bisa berupa perangkat keras.

Elemen Komputer terdiri dari Hardware (perangkat keras),Software(perangkat lunak/aplikasi),dan Brainware (user/ pengguna).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ACTION SCRIPT

  Halo teman-teman! kali ini aku mau bahas tentang Action Script , Sebelumnya bagi yang belum tau Action Script itu apa, aku bakal jelasin ...